Pengembangan Media Pembelajaran dengan App Inventor
Section outline
-
Selamat datang di Course Pengembangan Media Pembelajaran dengan App Inventor.
Pengembangan Media Pembelajaran dengan App Inventor adalah salah satu course di program studi Pendidikan Matematika dalam bentuk praktik. Mata kuliah ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengaplikasikan pengembangan media pembelajaran melalui duplikasi dan modifikasi media pembelajaran matematika serta mendesain dan mengembangkan media pembelajaran matematika berdasarkan karakteristik peserta didik melalui tahapan penelitian pengembangan sederhana Design Thinking. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan, mendesain, dan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android dengan menggunakan App Inventor . Luaran mata kuliah berupa produk media pembelajaran berbasis Android .
Pada course ini, rekan-rekan akan belajar mengembangkan suatu media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi App Inventor sebagai aplikasi utama, serta beberapa aplikasi lain sebagai aplikasi pendamping. Dalam mengembangkan media pembelajaran, rekan-rekan mahasiswa akan menggunakan Model Pengembangan Design Thinking.
Apa saja yang akan rekan-rekan pelajari dalam mata kuliah ini? Berikut adalah gambaran pembelajaran Mata Kuliah Media Pembelajaran Berbasis Software.
Untuk lebih mengenal mata kuliah Pengembangan Media Berbasis Software, silahkan klik video berikut ini.
-
-
Apakah rekan-rekan sudah pernah menggunakan media pembelajaran?
Atau sudah pernah membuatnya?
Pernahkah rekan-rekan menemukan suatu media pembelajaran yang menarik dan berkesan?
Tertarikkah rekan-rekan untuk membuatnya sendiri?Jika tertarik, silahkan lanjutkan untuk mengikuti materi-materi di bawah ini.
Nah, di bagian pertama ini kita akan belajar tentang apa itu media pembelajaran. Penjelasan tentang media pembelajaran dapat dibaca pada modul berikut.
Modul 1: Pengenalan Media Pembelajaran
Setelah memahami tentang media pembelajaran, berikutnya kita akan mempelajari tentang media pembelajaran interaktif. Penjelasan tentang media pembelajaran interaktif dapat Anda baca pada modul berikut.
Modul 2: Media Pembelajaran Interaktif
Selanjutnya, kita akan belajar Design Thinking. Rekan-rekan silakan membaca modul 3 berikut.
Modul 3 Pengenalan design thinking by Nurina happy
Rekan-rekan juga dapat melihat video berikut untuk lebih memahami apa itu Design Thinking.
Design Thinking dapat membantu rekan-rekan menyelesaikan masalah dengan cara baru. Pendekatan ini didasarkan pada proses kerja seorang desainer di mana rekan-rekan akan melalui lima fase untuk mengidentifikasi dan menciptakan solusi inovatif guna memenuhi kebutuhan persona. Fase tersebut adalah Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Untuk memahami setiap fasenya, perhatikan gambar berikut.
DESIGN THINKING by Nurina Happy
Design Thinking adalah pendekatan berulang untuk pemecahan masalah. Meskipun prosesnya biasanya dimulai dengan "Emphatize", proses ini tidak selalu berurutan atau selangkah demi selangkah, dan fase-fasenya sering kali berulang. Hal ini memungkinkan rekan-rekan mengidentifikasi dan memecahkan potensi masalah sejak dini, sehingga menghemat waktu, uang, dan kerumitan.
-
Selanjutnya, kita akan belajar Design Thinking. Rekan-rekan silakan membaca modul 3 berikut.
Modul 3 Pengenalan design thinking by Nurina happy
Rekan-rekan juga dapat melihat video berikut untuk lebih memahami apa itu Design Thinking.
Design Thinking dapat membantu rekan-rekan menyelesaikan masalah dengan cara baru. Pendekatan ini didasarkan pada proses kerja seorang desainer di mana rekan-rekan akan melalui lima fase untuk mengidentifikasi dan menciptakan solusi inovatif guna memenuhi kebutuhan persona. Fase tersebut adalah Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Untuk memahami setiap fasenya, perhatikan gambar berikut.
DESIGN THINKING by Nurina Happy
Design Thinking adalah pendekatan berulang untuk pemecahan masalah. Meskipun prosesnya biasanya dimulai dengan "Emphatize", proses ini tidak selalu berurutan atau selangkah demi selangkah, dan fase-fasenya sering kali berulang. Hal ini memungkinkan rekan-rekan mengidentifikasi dan memecahkan potensi masalah sejak dini, sehingga menghemat waktu, uang, dan kerumitan.
-
-
-
Hai rekan-rekan, pada pertemuan kali ini, rekan-rekan akan belajar mengenai bagaimana membuat game sederhana pada App Inventor. Game yang akan rekan-rekan buat terinspirasi dari permainan game pukul katak. Simak baik-baik ya video berikut.
-
Opened: Monday, 14 April 2025, 12:00 AM
Setelah melihat video pembuatan aplikasi ketangkasan, silakan rekan-rekan dapat mencoba membuat hal yang sama dengan yang ada dalam video tersebut. Rekam atau screenshot hasil yang sudah rekan-rekan buat lalu upload pada bagian ini.
-
-
-
Dalam suatu aplikasi media pembelajaran akan lebih baik jika dilengkapi dengan alat evaluasi. Salah satunya adalah dengan menambahkan latihan soal. Soal-soal tersebut bisa beragam bentuknya, misal soal isian singkat, uraian maupun soal pilihan ganda. Dengan menggunakan App Inventor kita dapat membuat aplikasi yang menampilkan soal-soal pilihan ganda. Selain menjawab soal, pengguna juga dapat langsung mengetahui skor yang diperoleh secara langsung setelah selesai mengerjakan soal.
Simak materi berikut untuk membuat soal pilihan ganda menggunakan App Inventor.
Modul:
Soal Pilihan Ganda by auroranuraini upgris
Video:
-
Opened: Monday, 14 April 2025, 12:00 AM
Setelah melihat video pembuatan aplikasi membuat soal pilihan ganda, silakan rekan-rekan dapat mencoba membuat hal yang sama dengan yang ada dalam video tersebut. Rekam atau screenshot hasil yang sudah rekan-rekan buat lalu upload pada bagian ini.
-
-
-
Opened: Monday, 14 April 2025, 12:00 AM
Setelah memepelajari materi - materi di atas, mahasiswa diharapkan telah dapat menyusun media pembelajaran interaktif dengan menggunakan App Inventor yang memuat :
- Halaman awal / cover
- Petunjuk penggunaan aplikasi
- Materi
- Latihan soal
- Asesmen dengan soal pilihan ganda