Section outline

  • Dosen Pengampu: Dr. Nazla Maharani Umaya, M.Hum.
    Course ini dapat memberikan pengalaman dalam penelitian pengembangan bahan ajar pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pengetahuan dan keterampilan tentang berbagai hal yang berkait dengan perancangan bahan ajar. Kompetensi pengalaman yang diperoleh yaitu dalam hal riset ragam nilai-nilai kearifan lokal yang dijadikan komponen pengembangan dan inovasi dalam mengembangkan komponen bahan ajar dengan pemanfaatan ragam kearifan lokal Indonesia
     
     
     
    • DEFINISI UMUM BAHAN AJAR:
      Definisi Umum:
      • Bahan ajar adalah segala bentuk materi yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Materi ini bisa berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis.  
      • Bahan ajar merupakan seperangkat substansi pembelajaran yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
      • Bahan ajar adalah informasi, alat, dan teks yang diperlukan guru atau instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.  
      • Bahan ajar merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan peserta didik untuk belajar.

      .

    • Berikut merupakan salah satu contoh bentuk bahan ajar yang kalian dapat gunakan sebagai langkah dasar dalam memahami konsep bahan ajar. bahan ajar dapat beragam isi bergantung pada tujuan dan peruntukannya. silahkan melakukan eksplorasi untuk meningkatkan pemahaman berikut..

    • KARAKTERISTIK BAHAN AJAR

      • Relevansi: Bahan ajar harus relevan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar.
      • Konsistensi: Bahan ajar harus memiliki prinsip konsistensi.
      • Kecukupan: Bahan ajar harus memiliki prinsip kecukupan.
      • Sistematis: Materi pembelajaran harus tersusun secara sistematis.
      • Mandiri (Self Instructional): Materi ajar memungkinkan siswa untuk belajar sendiri.
      • Lengkap (Self Contained): Semua materi pelajaran tercakup secara menyeluruh.
      • Berdiri Sendiri (Stand Alone): Bahan ajar dapat digunakan tanpa bahan ajar lain.
      • Adaptif: Bahan ajar dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.
      • Ramah Pengguna (User Friendly): Bahan ajar mudah digunakan.
    • Berikut merupakan salah satu contoh bentuk bahan ajar yang kalian gunakan untuk mengidentifikasi karakteristik bahan ajar. berdasarkan hasil identifikasi kalian dapat mencari bentuk ragam bahan ajar lain untuk dilakukan pengulangan dan pendalaman pemahaman. 

    • IDENTIFIKASI
      Sebelum melakukan lanjutan dalam proses pengembangan bahan ajar, sesuai dengan teori Borg and Gall bahwasanya segala bentuk pengembangan diawali dari observasi dan identifikasi kondisi awal sebagai dasr kajian kebutuhan dikembangkannya sebuah produk. salah satu hal yang dapat dilakukan dalam mempersiapkan kegiatan pengembangan bahan ajar yang juga merupakan bagian dari eksplorasi dan analisis kebutuhan adalah Analisis Konten produk yang ada sebelumnya.
      Berikut merupakan lembar identifikasi pra pengembangan bahan ajar...
    • Untuk melakukan pengembangan seperti yang telah dijelaskan terdapat bagian persiapan pra pengembangan. format modul berikut dapat dijadikan peta dasar langkah pengumpulan bahan yang akan digunakan untuk mengembangkan bahan ajar dan dapat ditambahkan setiap komponennya.

    • KONEKSI HASIL EKSPLORASI
      Hasil eksplorasi kebutuhan siswa menjadi dasar dalam pengembangan bahan ajar yang relevan dan menarik. Bahan ajar yang baik dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. 
       
      Tahapan pengembangan bahan ajar 
       
      1. Identifikasi kebutuhan siswa
      2. Tentukan tujuan pembelajaran
      3. Riset materi pembelajaran
      4. Pilih metode pembelajaran yang tepat
      5. Integrasikan teknologi pembelajaran
      6. Buat materi yang menarik dan relevan
      7. Uji coba dan evaluasi
      Pertimbangan dalam pengembangan bahan ajar
      • Acuan utama adalah tujuan kurikulum yang harus dikuasai siswa 
         
      • Pertimbangkan karakteristik siswa agar bahan ajar dapat dipelajari dengan baik 
         
      • Sesuaikan bahan ajar dengan karakteristik, setting, atau lingkungan sosial peserta didik 
         
      Manfaat bahan ajar 
       
      • Mempermudah siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan guru
      • Membuat peserta didik tidak bosan dalam belajar
      • Membuat pembelajaran lebih menarik
      • Meringankan beban guru dalam menyampaikan materi
      Tujuan pengembangan bahan ajar 
       
      • Menunjang keberhasilan proses pembelajaran
      • Memberikan materi pembelajaran yang dibutuhkan para peserta didik sesuai kurikulum
    • Silahkan lakukan pemetaan bahan untuk pengembangan bahan ajar berikut