Kursus ini membahas berbagai teori dan pendekatan dalam memahami kepribadian manusia, mulai dari psikoanalisis hingga psikologi Timur. Melalui pembelajaran interaktif dan berbasis kasus, peserta akan dilatih untuk menganalisis kepribadian secara kritis dan kontekstual. Selain itu, kursus ini membekali keterampilan diagnosis, identifikasi pola perilaku, dan penyusunan strategi intervensi psikologis yang relevan.
Course Kesehatan Mental bertujuan memberikan literasi kesehatan mental yang dapat digunakan untuk pengembangan diri dan upaya memberikan layanan kesehatan mental berbasis bimbingan dan konseling. Dengan mempelajari materi Sejarah kesehatan mental; Konsep Dasar kesehatan mental; Kepribadian sehat, ditinjau dari tiga aliran yaitu psikoanalisa, behavioristik serta humanistik; Proses penyesuaian diri, Frustrasi dan Stress; Coping stress; Ganggauan kesehatan mental di sekolah; Perlakuaan salah pada anak; Konsep kebahagiaan di sekolah serta Usaha menuju kesehatan mental prima, peserta diajak memahami berbagai macam gangguan mental yang terjadi di masyarakat dan mengeksplorasi permasalahan yang dialami oleh remaja dalam setting pendidikan, sehingga peserta melalui pemikiran kritisnya dapat memberikan gagasan serta solusi terhadap permasalahan atau upaya untuk meningkatkan kesehatan mental bagi peserta didik.

Course ini membahas tentang Hakikat BK Perkembangan; tujuan, fungsi, dan asumsi BK Perkembangan; Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) dalam layanan BK di SD, SKKPD di SMP, SKKPD di SMA/SMK, program BK Perkembangan, strategi layanan dasar dalam BK BK Perkembangan, strategi layanan responsif dalam BK BK Perkembangan, strategi perencanaan individual dalam BK BK Perkembangan dan strategi dukungan sistem dalam BK Perkembangan.