Course ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap untuk menjadi tenaga pendidik IPS di SD yang berkarakter dan profesional, serta mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila. Materi yang dipelajari mencakup tujuan pembelajaran IPS di SD, pengembangan materi dan pembelajaran terpadu, konsep dasar geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi dalam konteks lokal, nasional, dan global, keterkaitan IPS dengan mata pelajaran lain, analisis kasus internal dan eksternal NKRI dengan pendekatan sosial, serta pengaruh perkembangan Ipteks terhadap pendidikan IPS di SD beserta solusinya. Luaran dari mata kuliah ini adalah *Book Chapter* tentang Materi dan Asesmen IPS SD berbasis Literasi dan Numerasi.
Mata kuliah ini memuat pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data, ukuran pemusatan, penyebaran, persyaratan uji hipotesis, pengujian hipotesis, interpretasi hasil uji hipotesis, anava, regresi, anakova, analisis jalur, dan penarikan kesimpulan